"MAGIC TRICK" meningkatkan Nilai BLOG

“Ingin meningkatkan traffic pengunjung, pagerank, dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas…? Serahkan pada saya…! Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS…!!!"
1. Soliddb Indonesia.
2. Cara meningkatkan traffic dan popularity.

Sabtu, 26 Desember 2009

KBM | Google Adsense Pada Blog Bahasa Indonesia

KBM | Google Adsense Pada Blog Bahasa Indonesia

Link to Komunitas Bantu Membantu

Google Adsense Pada Blog Bahasa Indonesia

Posted: 25 Dec 2009 04:09 PM PST

AdsenseSeperti kita ketahui Adsense for content belum mensupport bahasa Indonesia. Untuk blog yang berbahasa Indonesia, adsense hanya memberikan kita adsense for search. Salah satu cara yang banyak dibahas untuk menampilkan AdSense pada blog berbahasa Indonesia adalah dengan menambahkan kode 'en' pada kode adsense. Hanya saja cara ini banyak diperdebatkan karena melanggar TOS google adsense yang melarang kita untuk merubah kode adsense. Pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara memasang AdSense di blog berbahasa Indonesia tanpa merubah kode adsense.

Cara ini sebenarnya sudah saya praktekkan di blog ini dari beberapa bulan yang lalu, coba perhatikan beberapa iklan adsense yang ada di blog ini. Beberapa orang pasti menyangka bahwa saya menambahkan kode 'en' pada kode asli adsense, beberapa teman blogger juga sempat menanyakan kepada saya apakah blog ini menambahkan kode 'en' pada kode adsense yang saya pasang di blog ini?

Dari beberapa orang yang bertanya, jujur saya menjawab saya menggunakan kode 'en'. Tapi ternyata salah satu teman saya iseng melihat page sourch blog ini dan tidak menemukan kode 'en' pada blog ini. Coba lihat screen shot dibawah ini:

Seperti teman-teman lihat, kode adsense sama sekali tidak saya rubah atau tidak saya tambahkan kode 'EN'. Lalu apakah selama ini saya berbohong kepada beberapa orang yang menanyakan tentang kode adsense di blog ini? Jawabannya "Tidak", pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai cara yang selama ini saya gunakan untuk menampilkan iklan Adsense pada blog berbahasa Indonesia.

Sekarang silahkan lihat kembali screen shot dibawah ini:

Perhatikan kode yang saya tandai dengan highlight hijau, sebenarnya saya menggunakan kode 'en' untuk menampilkan iklan Adsense, hanya saja kode 'en' saya simpan dalam bentuk file CSS yang saya hosting diluar kemudian saya panggil kembali dengan menggunakan javascript. Hal ini saya lakukan agar tidak merubah kode asli Adsense walaupun saya juga masih ragu apakah cara ini sah atau tidak, setidaknya dengan cara ini saya tidak sedikitpun merubah kode adsense sesuai TOS google adsense :D

Lalu bagaimana cara melakukannya? Sebenarnya caranya cukup mudah, silahkan ikuti tahap-tahap dibawah ini:
  1. Pada komputer buka notepad kemudian ketikkan kode 'EN' pada notepad dan save dengan format CSS contohnya "kodeiklan.css" (maaf dari tadi saya hanya menyebut kode "en" soalnya takut di razia sama mbah google, buat yang belum tau apa itu kode 'en' silahkan lihat pic dibawah ini)
  2. Upload file CSS ke hosting teman-teman kemudian simpan URL file tersebut. Buat yang tidak mempunyai hosting silahkan baca postingan sebelumnya mengenai "Hosting Javascript Gratis"
  3. Pasang kode adsense di blog seperti biasa
    "Layout >> add gadget >> HTML/Javascript" kemudian "Save"
    NB: buat yang masih awam dengan edit HTML sebaiknya isi kolom title sebelum melakukan save, contohnya isi dengan "Sponsored Links". Hal ini dilakukan agar mempermudah pencarian pada tahap selanjutnya di halaman edit HTML
  4. Masuk ke halaman edit HTML
    Layout >> Edit HTML >> centang "Expand Widget Templates"
  5. Di halaman Edit HTML cari widget dimana kita menyimpan kode adsense, untuk mempermudah silahkan search title yang tadi kita masukkan.
    <b:widget id='HTML14' locked='false' title='Sponsored Links' type='HTML'>
    <b:includable id='main'><b:if cond='data:title != &quot;&quot;'><h2 class='title'><data:title/></h2></b:if>
    <div class='widget-content'>
    <data:content/></div>
    <b:include name='quickedit'/>
    </b:includable>
    </b:widget>
    </b:section>
  6. Sekarang copy paste kode yang berwarna hijau dibawah ini tepat di atas kode <div class='widget-content'>, ganti tulisan berwarna merah dengan URL file CSS teman-teman yang tadi telah di upload di hosting.
    <b:widget id='HTML14' locked='false' title='Sponsored Links' type='HTML'>
    <b:includable id='main'><b:if cond='data:title != &quot;&quot;'><h2 class='title'><data:title/></h2></b:if>
    <script src='http://viemonsta.googlecode.com/files/format.css' type='text/javascript'/>
    <div class='widget-content'>
    <data:content/></div>
    <b:include name='quickedit'/>
    </b:includable>
    </b:widget>
    </b:section>
  7. Tahap terakhir "Save Template" dan lihat apakah iklan adsense sudah keluar di halaman berbahasa Indonesia
Mudah-mudahan tips memasang kode adsense di blog berbahasa Indonesia di atas bisa bermanfaat buat teman-teman blogger semua. Jangan lupa resiko ditanggung masing-masing ya. Kalo ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar