"MAGIC TRICK" meningkatkan Nilai BLOG

“Ingin meningkatkan traffic pengunjung, pagerank, dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas…? Serahkan pada saya…! Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS…!!!"
1. Soliddb Indonesia.
2. Cara meningkatkan traffic dan popularity.

Selasa, 29 Desember 2009

KBM | Membuat Daftar Isi Blogger Bergaya Sitemap

KBM | Membuat Daftar Isi Blogger Bergaya Sitemap

Link to Komunitas Bantu Membantu

Membuat Daftar Isi Blogger Bergaya Sitemap

Posted: 28 Dec 2009 01:48 PM PST

Blogger IconSebenarnya pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat sitemap blogger. Sitemap yang saya maksud kali ini bukanlah sitemap webmaster tool seperti yang pernah saya bahas pada postingan "Mengatasi Sitemap Error Pada Webmaster Tools", sitemap yang akan saya bahas pada postingan kali ini adalah sitemap blogspot berdasarkan katagori yang sering digunakan untuk daftar isi blog seperti yang sering kita lihat pada wordpress. Oleh sebab itu postingan kali ini saya beri nama membuat daftar isi blogspot bergaya sitemap agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Dalam dunia SEO, halaman sitemap (peta situs) tentu saja memiliki peran yang cukup penting. Selain dapat dijadikan daftar isi blog untuk mempermudah pembaca dalam mencari artikel di blog kita, sitemap juga dapat mempermudah Google Bot dalam meng-crawl seluruh postingan pada blog kita.Untuk pengguna wordpress, membuat halaman sitemap blog tentu bukan masalah yang susah, banyak sekali plug-ins HTML sitemap untuk wordpress yang dapat di install dengan mudah. Lalu bagaimana dengan pengguna blogspot? apakah kita harus membuat sebuah postingan dan memasukkan satu per satu link postingan kita hanya untuk memiliki sebuah halaman sitemap?

Setelah melakukan pencarian kesana kemari akhirnya saya menemukan cara untuk membuat halaman sitemap blogspot yang menurut saya sangat bermanfaat. Widget sitemap blogger ini saya baca dari blog milik Abu Farhan yang kita semua tau telah banyak sekali memberikan tutorial mengenai blogger hack yang sangat bermanfaat. Karena tulisan asli ditulis menggunakan bahasa Inggris, jadi menurut saya tidak ada salahnya saya tulis ulang postingan tersebut dengan menggunakan bahasa Indonesia tanpa sedikit pun merubah script asli milik Abu Farhan dalam postingan "The Best Table of Contents (TOC) or Sitemap for Blogger".

Silahkan klik link dibawah ini untuk melihat contoh halaman sitemap yang telah saya pasang di blog ini:
Blogger Sitemap
>>> DEMO BLOGGER SITEMAP / DAFTAR ISI BLOGGER <<<

Cara memasang sitemap blogger ini sangatlah mudah, yang harus kita lakukan hanyalah membuat sebuah postingan baru dengan judul sesuai keinginan kita dan memasukkan script dibawah ini pada mode "HTML" (jangan pada mode compose), ganti kode yang berwarna merah dengan URL blog kita kemudian klik "Publish Post".
<script style="text/javascript" src="http://www.abu-farhan.com/script/daftarisiblogger/blogtoc-min.js"></script>
<script src="http://www.abufarhan.co.cc/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>

Tips: Agar postingan tidak muncul di home page blog kita, gunakan fitur scheduled (postingan terjadwal) pada post options blogger. Masukkan tanggal posting ke tanggal yang lebih tua untuk menenggelamkan postingan contohnya 01/01/08.


1 komentar:

  1. wow, keren banget postingnya.
    makasih om, sangat membantu buat saya.

    salam kenal om :)

    BalasHapus